Latest Posts:

Informasi Sejarah Internet




Banyak dari sebagian orang bertanya kapan mulai ada Internet?
Kok bisa ada Internet?
Siapa yang membuat Internet?

Itulah pertanyaan sebagian orang karena agak heran juga kita saat ini bisa menggunakan internet dalam kehidupan sehari-hari tetapi tidak mengetahui sejarah tentang internet itu sendiri..(yaelah tinggal pakai napa sih gak usah mikir sejarahnya...hehehe..)..eetthh..tapi tidak ada salahnya juga apabila kita mengetahui sejarah tentang internet...ya kan?

oke sekarang saya akan berikan informasinya.....( sambil ngopi dululah biar konsentrasi penuh hehe..)

Rangkaian pusat yang membentuk internet diawali sekitar 44 tahun yang lalu ( sekarang 2015 ) atau tepatnya pada tahun 1969 oleh PARA (Advanced Research Project Agency), yaitu sebuah badan yang dibentuk pada tahun 1985 oleh amerika yang terdiri dari para peneliti dan para teknisi dari Universitas dan Laboratorium yang ada di Amerika. Awalnya, badan ini dibentuk untuk menyaingi Rusia ( persaingan antar negara..sampai saat ini pun masih..hehehe..), yang saat itu lebih maju dibidang satelit. para peneliti pun bekerja, tidak harus disatu lokasi, untuk membuat penelitian dan mendedikasikan hasil penelitian tersebut untuk perkembangan teknologi Amerika Serikat.


( weiisss...santai aja ya bacanya..hehe..kita lanjut lagi ya..)

Kerena mereka bekerjja dengan satu tujuan, tentu mereka harus saling berbagi hasil penelitian sesring mungkin. Namun, karena para peneliti tersebut bekerja tidak dalam satu lokasi, mereka mengalami kesilitan dalam hal ini. akhirnya, ARPA memutuskan untuk membuat sebuah jaringan komputer atau komputer network pada tahun 1969, yang pada saat itu diberi nama ARPANET. dengan adanya ARPANET, para peneliti dari selurruh belahan Amerika bisa berkomunikasi dan mengakses data-data yang mereka perlukan dari komputer server yagn telah disediakan. Sambungan atau jalur ARPANET saat itu adalah jalur atau kabel telepon. Namun, pada waktu itu ARPANET bukanlah untuk semua orang , hanya untuk kalangan tertentu.

Untuk mempercepat proses transmisi data , ARPANET akhirnya bekerja sama dengan pihak NOVEL. Mereka menggunakan teknologi yang dinamakan paket switching. Dengan teknologi setiap paket atau data yang dikirim, akan dipecah menjadi paket-paket yang kecil, sehingga bisa mempercepat proses pengiriman data. Saat sampai ke tempat tujuan, data tersebut akan disatukan kembali.

Pada waktu itu, teknologi network hub belum ada atau belum ditemukan, menyebabkan server yang ada di ARPANET (4 buah) harus dihubungkan secara langsung dari satu server ke server yang lain.

Seiring waktu, akhirnya para peneliti menyadari akan besarnya manfaat yang bisa diberikan oleh networking. Setelah melalui beberapa penelitian, akhirnya mereka berhasil mengembangkan teknologi networking, yang menyebabkan jumlah komputer yang terhubung semakin banyak.

Pada tahun 1972, email sudah mulai diperkenalkan. Dengan email, para peneliti bisa lebih mudah untuk berkirim data dan informasi. Semenjak saat itu, traffic yang ada dalam networking tersebut menjadi semakin tinggi. pada 1 Januari 1983, ARPANET menukar rangkaian protokol pusatnya, dari NCP ke TCP/IP. ini merupakan awal dari internet yang kita kenal hari ini. Pada tahun 1989, ARPANET telah memiliki 100.000 server yang saling berhubungan.



Hanya meraka yang mengerti dan memahami bahasa pemograman hafal angka-angka dari kalimat internet, atau internet address saja yang menggunakan ARPANET. Apalagi masing-masing jenis atau tipe komputer menggunakan cara yang berbeda-beda untuk mengakses file, network protocol atau HTTP. Dengan HTTP ini, internet tidak lagi menjadi rumit dan bukan lagiuntuk para ilmuwan atau teknisi. Protocol ini pertama kali dibuat oleh Tim Bernes-Lee.

HTTP dapat juga dikatakan sebagai alamat yang digunakan dalam internet. Alamat ini menunjukan suat identitas yang unik, Seperti alamat rumah, alamat pada masing-masing halaman pada internet pasti berbeda -beda, sehingga memudahkan pencarian bagi penjelajahnya. Sedangkan untuk alamat masing-masing komputer yang mengakses internet, digunakan istilah IP (Internet Protocol) Address. Setiap komputer yang online mempunyai IP Addrres yang berbeda dengan komputer lainnya. tidak ada 2 komputer yang mempunyai IP Addrres sama.(Buku super pintar internet, Jarot S. & Sudarma S.,2012)

Nahhh...demikian tadi informasi lumayan panjang mengenai Sejarah Internet, semoga bermanfaat.
sampai jumpa di informasi mengenai internet berikutnya....

Salam

The Day-Art
Share on Google Plus

About The Day-Art

Saya adalah orang yang masih terus belajar dan mencoba.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment