Latest Posts:

KhasiatBuah Arbei

Buah arbei
Salam jumpa lagi para sobat semuanya....semoga selalu dalam keadaan sehat ya..., nahhh..seperti kelanjutan yang sebelumnya mengenai informasi Aneka Khasiat Buah dan lanjutannya adalah tentang Khasiat Buah Arbei...pasti sudah tau kan buah arbei..seperti gambar diatas itu adalah buah arbei, untuk khasiatnya mari kita cari tau...cekidot..

Arbei (Morus Alba L) berasal dari China dulu sering dimanfaatkan sebagai pagar hidup. Arbei yang sudah tua/masak berwarna ungu kehitam-hitaman. Arbei sering digunakan untuk obat tradisional (untuk meningkatkan stamina). Menurut para ahli herbal, arbei merawat keadaan darah dan ginjal, melancarkan urine, mengeluarkan dahak, dan memperbaiki peredaran darah. Selain untuk makanan ulat sutra, daun arbei juga bisa digunakan sebagai obat. Daun arbei dapat melancarkan sistem ekspresi, menurunkan panas, dan menjaga ketajaman penglihatan. Bagi ibu menyusui, daun arbei juga bisa melancarkan ASI. Beberapa khasiat lain yaitu, menurunkan kadar kolesterol, menyusutkan memar, obat batuk, dan malaria. Daun arbei biasa dikonsumsi dengan dimasak atau digunakan lalapan. Di luar negeri, daun arbei sudah dikembangkan menjadi obat suntik.

Menurut Dr. Setiawan Dalimartha (Wkil Ketua Umum Perhimpunan Dokter Indonesia Pengembangan Kessehatan Tradisional Timur), arbei mengandung asam folat, fitoestrogen, asam amino, zink, vitamin A, B-1, C, sakarida, asam linoelat, asam oleat, vitaminB-1, B-2, C, dan karoten.
Rantingnya mengandung zat tannin dan vitamin A. Akarnya mengandung derivate flavones mulberrin.

Pohon Arbei
Berdasarkan daftar komposisi bahan makanan (DKBM), dalam 100 gram arbei terkandung energi sebanyak 37 kkal, protein 0,8 gram, lemak 0,5 miligram(mg), karbohidrat 8,3 gram, asam folat 30 milisentigram (mcg), kalsium 28 mg, fosfor 27 mg, Fe 0,8 mg, vitamin A 60 SI (Satuan Internasional), vitamin B1 0,003 mg, dan air 89,9 gram.

Arbei juga merupakan sumber vitamin dan mineral untuk menghasilkan sumber tenaga. Arbei sekaligus kaya vitamin C, yaitu 60mg. Jumlah ini setara dengan kebutuhan harian. Meski tinggi vitamin C dan rasanya asam, vitamin C tidak memberikan efek samping yang membahayakan bagi lambung.

Buah arbei juga memiliki manfaat untuk kecantikan kulit. Dengan kandungan vitamin C yang tinggi, buah ini dapat menghambat proses penuaan dan menjaga kulit dari paparan sinar ultraviolet (UV), sehingga kulit tidak mudah hitam.

Buah Arbei yang matang dan belum matang
Disamping itu, kandungan vitamin C yang tinggi pada buah arbei, juga bermanfaat untuk menjaga gigi dan gusi tetap sehat. Vitamin C dalam buah arbei, juga bermanfaat mencegah kalinan pada mulut atau sariawan.

Adapun khasiat dan cara penggunaannya, yaitu ;

  1. Untuk mengobati hepatitis, anemia, gangguan jantung, sesak napas, nyeri di dada. Gunakan buah arbei tua sebanyak 10 gram dijadikan jus dengan dicampur air sebanyak 1 gelas, langsung diminum.
  2. Rematik ; ranting arbei 15 gram direbus dengan air sebanyak 2 gelas sampai tinggal separuh. bila sudah dingin, disaring, lalu minum setengah gelas. lakukan setiap pagi dan sore.
  3. Mengobati maag : buah dibuat jus lalu diminum.
  4. Membantu melawan tifus.
  5. Meringankan gejala diare.
  6. Obat sariawan : gunakan 10 gram segar arbei, dicuci, kemudian dimakan sekaligus.
  7. Mengusir jerawat : bersihkan buah arbei dengan air, kemudian dihaluskan. Tambahkan sedikit air matang untuk memperoleh adonan buah arbei yang tidak terlalu encer sehingga dapat melekat ketika digunaka sebagai masker. Gunakan masker ini dua kali dalam sebulan. Bila anda secara rutin menggunakan masker arbei ini, jerawat pun dapat terusir dari wajah.
  8. Diduga dapat melawan kanker.
Oke sobat semuanya demikian tadi informasi mengenai khasiat dari buah arbei dan semoga bermanfaat dan bertambah pengetahuannya ya...

Salam
Share on Google Plus

About The Day-Art

Saya adalah orang yang masih terus belajar dan mencoba.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment