Latest Posts:

Khasiat daan manfaat buah Buah Apel

Halo Sahabat semuanya...salam jumpa kembali, semoga kabar kalian semua selalu baik dan selalu sehat pastinya...
oke kali ini saya akan memberikan informasi mengenai khasiat dari berbagai buah, dan ini merupakan lanjutan dari informasi khasiat berbagai macam buat sebelumnya..saya yakin pasti sahabat semua juga sudah membacanya. Langsung saja kali ini mengenai Khasiat Buah Apel...langsung saja ya....

Buah Apel
Nahh..pastinya sahabat semua sudah tau kan yang namanya buah apel, dan pastinya banyak yang menyukai buah apel..selain rasanya yang manis dan kadang ada asemnya juga hehehe...

Buah Apel (Malu domestica atau Pyrus malus L), akhir-akhir ini banyak kita jumpai dimana-mana. tak hanya apel dari Malang, tapi juga apel impor. Ternyata, buah yang semakin memasyarakat ini banyak khasiatnya sahabat semua.sahabat ingin tau khasiatnya apa saja?..yuk terus disimak...

Jika masyarakat Timur (eastern) memiliki durian sebagai buah unggulan, maka masyarakat Barat (western) memiliki apel. Orang barat sering memakai apel sebagai paradigma bagi buah yang menarik.

Jenis buah Apel

Diperkirakan ada tujuh ribu jenis buah apel yang tumbauh di dunia, tapi hanya ada beberapa macam yang ada di pasaran Indonesia, seperti apel lampung, apel australia, apel manalagi, apel amerika. adapun bentuk, ukuran, warna, rasa serta tekstur masing-masing jenis apel memang beragam. Tapi dalam hal gizi tidak jauh berbeda. Adanya kalium/potasium serta pektin yang tinggi dalam apel, menjadikan buah ini sangat berkhasiat untuk mencegah stroke, serta mengurangi kadar gula dan kolesterol darah. satu hal yang bermanfaat bagi penderita kencing manis serta jantung koroner.

Buah apel umumnya berbentuk bulat, dengan ukuran cekungan pada pangkal pucuknya. daging apel berwarna putih, renyah dan berair dengan rasa manis atau asam. daging buah ini dilindungioleh kulit tipis yang umumnya mengkilap. Bila daging ini di kerat keluarlah aroma yang harum dan segar. Namun ada beberapa varietas apel, aroma itu terasa sangat tajam.

Cita rasa, aroma, maupun tekstur, sebenarnya dihasilkan dari kurang lebih 230 komponen kimia. Komponen penting dalam apel adalah pektin (24%) yang berpotensi menbentuk gel jika ditambah dengan gula pada kisaran pH tertentu. Kandungan yang terdapat dalam apel adalah energi, lemak, protein, karbohidrat, vitamin (C, B1, dan B2), thamin, riboflavin, niasin, kalsium, zat besi, fosfor, dan potasium. termasuk pula beragam asam, sperti asam asetat, format serta 20 jenis asam lain. Selain itu, ada kandungan alkohol berkisar 30-40 jenis, ester seperti etil asetat sekitar 100 jenis, karbonil seperti formaldehid dan asetaldehid, serta banyak lagi.
Buah Apel


Kandungan gizi yang menonjol pada apel adalah kalium, khususnya pada apel merah, serta pektin dan selulosa. kalium merupakan mineral yang berfungsi meningkatkan keteraturan denyut jantung, mengaktifkan kontraksi otot, mengatur pengiriman zat gizi ke sel-sel, mengendalikan keseimbangan cairan dalam jaringan dan sel tubuh, serta membantu mengatur tekanan darah.

Serat larut, yaitu pektin dan gum, membentuk gel dalam usus. Akibatnya, waktu yang dibutuhkan sisa makanan untuk bergerak dari mulut anus jadi lebih lama. Hal ini membuat orang yang bersangkutan akan merasa kenyang lebih lama. Itu sebabnya, bagi yang sedang menjalani program melangsingkan tubuh, apel dapat dijadikan sebagai pengganti makanan energi, seperti kue yang berlemak atau manis atau manis. selain itu, serat larut mampu mengikat berbagai zat, termasuk kolesterol, dan mengurangi penyerapannya dari saluran usus. Bentuk serat ini dapat menurunkan tingkat kolesterol darah.

Serat larut pun ternyata mampu memperlambat masuknya glukosa dari pencernaan karbohidrat ke aliran darah. Hal ini sangat bermanfaat unutk mengontrol penyakit kencing manis.

Jus apel
 Untuk memperoleh khasiat yang maksimal dari apel, maka bentuk sediaan harus diperhatikan. apel segar umumnya lebih baik dibandingkan dengan hasil olahan menjadi sari buah maupun sirup.
Riset yang dilakukan beberapa ahli menunjukkan, pemberian apel dengan berbagai macam bentuk pada orang normal, menghasilkan respon yang berbeda terhadapkonsentrasi gula darah maupun insulin. Sedangkan konsumsi apel segar utuh hanya menaikkan sedikit insulin serum, dibandingkan bubur apel. struktur serat pada apel sudah rusak.

Jadi apel, khususnya pada penderita kencing manis, lebih bermanfaat dibandingkan apel olahan. Kandungan serat larut yang tinggi dan energi yang rendah, serta rasa asam manis yang bervariasi membuat apel cocok sebagai pilihan makanan kecil selain pencuci mulut yang baik.

Rasa renyah apel dapat membantu melepaskan bahan-bahan yang lengket di gigi, misalnya gula, sekaligus memacu pengeluaran air liur, sehingga mampu membersihkan gigi. namun yang jelas, apel berkhasiat 6M 1S sebagai berikut :

1. Mengikat asam empedu yang merupakan hasil metabolisme dari kolesterol.
2. Menghilangkan racun dari usus.
3. Mengontrol keluarnya insulin dan menstabilkan gula dan kolesterol darah.
4. Meningkatkan high desity lipoprotein.
5. Membunuh virus dan memperlancar percernaan.
6. Membpertahankan kesehatan saraf.
7. Sebagai agen antikanker dan menjaga kesehatan jantung.

Buah Apel segar
Nahh...bagaimana sahabat semuanya lengkap dan banyak sekali bukan khasiat dari Buah Apel. nantikan informasi mengenai Khasiat berbagai macam buah-buahan berikutnya....

Semoga Bermanfaat..............

Salam
Share on Google Plus

About The Day-Art

Saya adalah orang yang masih terus belajar dan mencoba.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

  1. terima kasih atas artikel anda yang menarik dan bermanfaat ini. semoga memberikan manfaat bagi pembacanya. saya memiliki artikel sejenis yang bisa anda kunjungi di sini IT GUNADARMA

    ReplyDelete