Latest Posts:

Perbedaan Router dengan Bridge

Salam jumpa lagi sobat semua hehehe...
agak lama nihh gak update disini...hehe....

Nah sekarang saya akan menelaskan sedikit tentang perbedaan Router dengan Bridge.



Untuk menghubungkan sebuah jaringan komputer dengan jaringan komputer lainnya sebenarnya ada sebuah alat lain selain Router, alat tersebut disebut dengan Bridge.
Jika dilihat cara kerja Router ini memang sekilas mirip dengan cara kerja Bridge, tetapi jika melihat secara teknis akan terlihat perbedaan yang sangat mendasar antara Router dan Bridge.

Dimana Router bekerja pada lapisan ke 3 (tiga) OSI dan menggunakan skema pengalamatan berdasarkan alamat protokol internet (IP), sedangkan Bridge bekerja pada lapisan ke 2 (dua) OSI dan menggunakan skema pengalamatan berdasarkan alamat identitas perangkat keras (MAC Adrress).

Jika demikian, Anda mungkin akan bertanya, kapan sebaiknya anda menggunakan Bridge, dan kapan sebaiknya anda menggunakan Router?
pertanyaan tersebut dapat dijawab sebagai berikut:

Bridge sebaiknya digunakan untuk menghubungkan bagian-bagian atau segmen-segmen jaringan yang menjalankan protokol yang sama. Bridge juga dapat digunakan pada saat dalam jaringan terdapat protokol-protokol yang tidak dapat melakukan routing seperti protokol NetBEUI misalnya.

Sedangkan Router sebaiknya digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer yang memiliki segmen-segmen yang berbeda. Secara umum, Router lebih cerdas dibandingkan Bridge, dan Router juga dapat meningkatkan bandwidth dalam jaringan dimana tempat Router tersebut berada, mengingat Router tidak meneruskan paket Broadcast ke jaringan yang dituju.

nahh...itulah penjelasan mengenai perbedaan antara Router dan Bridge.
tunggu info mengenai jaringan lainnya hanya di campurbawurs...hehehehehe....
Share on Google Plus

About The Day-Art

Saya adalah orang yang masih terus belajar dan mencoba.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment